Jumat, 12 September 2008

Buku Anak (Ternyata...)























Untuk beberapa saat aku hanya bisa 'ngahuleng' di depan komputer. Ternyata, ya...bikin buku anak enggak semudah bayanganku. Sudah tak terhitung berapa kali aku ganti file karena belum dapet 'feel'nya. Belum kena! Entahlah apa yang kurang. Namun yang pasti, aku kurang pengalaman dalam hal yang satu ini. Kelihatan sih emang mudah banget bikin buku buat anak. Itu enggak bener banget! Setidaknya sih menurutku. Kalo ada yang enggak setuju, berarti dia emang udah ahli nulis buku anak. Salut!
Langkah pertama emang terasa berat. Beberapa kali aku ubah outline dan konsep agar pas dan sesuai dengan standar naskah yang diinginkan oleh klien. Jujur aja, aku bukan penulis ahli, setidaknya belum! Perlu kerja keras yang hebat untuk yang satu ini. Satu buku aja sulitnya minta ampun. Aku nanya sana-sini dan alhamdulillah aku dapet masukan dari temen2ku sesama penulis yang lebih ahli. Aku udah menemukan 'greget'nya nulis buku anak. Ajaib! Untuk buku anak yang kedua, ketiga, hingga kesepuluh, aku bagaikan dapet suntikan pembangkit 'ruh' penulis buku anak. Aliran darahku ke seluruh tubuh jadi lancar. Pikiranku otomatis lancar pula. Ternyata, ya, kalo mau berjuang sekuat tenaga, apa yang kita inginkan bisa terwujud. Thanks God, aku masih diberi kesempatan untuk menikmati hal yang satu ini.
Buku anak emang menarik apalagi kalo dikemas dalam bentuk big book, full color, hard cover, and so and so, betaaah banget natapnya. Kalo diminta untuk bacain di depan anak-anak pun, aku jadi bersemangat. Emang sih buku seperti ini enggak murah. Salah satu triknya biar bisa dapetin buku2 bagus, ya nunggu pameran. Selain bakal dapet diskon yang lumayan, hampir seluruh penerbit dan distributor buku tumplek-plek di sana. So, aku bisa menghemat tenaga karena semuanya sudah berkumpul di satu tempat. Hunting buku anak, yuk!

Tidak ada komentar: